Cari

Jumat, Mei 28, 2010

Memperbaiki Mouse USB

Jumat, Mei 28, 2010
Beberapa waktu lalu, saya mencoba memperbaiki beberapa mouse yang rusak dengan mengunakan peralatan sederhana. Salah satunya masalah yang sering dialami oleh mouse USB adalah kerusakan di kepala USBnya.

Peralatan yang dibutuhkan yakni ; Solder, Timah dan Kepala USB bekas yang tidak terpakai. Untuk yang terakhir anda bisa mengunakan kepala usb yang tidak terpakai yang inti dalam kabelnya berjumlah 4 kabel.

Caranya, setelah anda membuka casing mousenya, perhatikan papan PCB tempat kabel yang ke arah kepala USB. Anda bisa melihat Pin Assignment 4 kabelnya. Untuk lebih jelasnya lihat Tabel dibawah :

Nama Pin


Nomor Pin


Keterangan

VDC +5V


1


Volt DC +5V

Data-


2


Data

Data+


3


Clock

Ground


4


Ground

Dengan asumsi bahwa kepala USB yang lama rusak. Maka kita membuka kabel yang lama dan menggantinya dengan kepala USB yang baru. Buka dulu solderan kabel lama yang terpasang, setelah itu kupas ujung kabel yang baru sampai serat serabut kabel terlihat. Berikan sedikit timah disetiap ujungnya untuk memudahkan penyolderan nantinya. Setelah itu anda bisa mengikuti solder keempat pinnya menurut Pin Assignment diatas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ini artikel saya persis. Anda copas artikel saya yang di koecing optek, iya kan?!!

Posting Komentar

Panduan Dasar Turbo Pascal 7.0


Tutorial Turbo Pascal 7.0